Network Detector, Cek Koneksi Jaringan


Wih judulnya serem banget yak. Ga juga bang. Ini memang bener mau cek koneksi jaringan. Kaya network detector gitu. Lagi pula ini bukan nge probe, ato port scanning. Tapi murni ngecek koneksi, online ato offline. Tulisan ini juga terinspirasi dari kaskus yang nanya gimana sih cara ngecek network connection. Menarik juga sih. Pasti niatnya bikin mirip fiturnya gmail kalo internet putus muncul warning koneksi terputus, atau FB dengan chatnya online atau ga.

Penasaran?Yo kita coba.
Sebenarnya caranya cukup mudah dengan memanfaatkan respon status AJAX. Bingung? Pada dasarnya saat kita rekues halaman sebenarnya browser melakukan komunikasi dengan server tujuan. Browser minta halaman server ngolah rekues dan output dikirim ke browser. Nah saat halaman yang diminta tersedia, maka si server kirim respons status 200. Kalo 404 berarti halaman yang diminta tidak ada. Itu kalau browser sukses ngirim rekues. Bagaimana kalo gagal? Artinya si browser ga bisa komunikasi dengan server. Dengan kata lain koneksi jaringan terputus.

Beranjak dari sana kita dapat membuat formula network detector. Sourcenya menggunakan jQuery untuk mencek koneksi jaringan. Hanya dengan memanfaatkan fungsi ajax error saja dapat mengetahuinya. Nih dikasi bocoran resepnya

Kodenya simpel banget kan cuma nge rekues halaman 'king.html' via AJAX, trus kalau error ditangkap ama error handler, kalo berhasil masuk ke fungsi success. Jangan lupa buat dulu file 'king.html' (yang ini terserah) pada direktori yang sama dengan file checkernya. Jadi deh network detector script, ngecek koneksi jaringan.


Add Your Comments

Disqus Comments